Jumat, 02 Juli 2010

Analisa Mengapa Ramalan Tidak Boleh Dipercaya

Ramalan…kalo orang islam ditanya mengapa kita gak boleh percaya ramalan, pasti jawabannya adalah “ mendekati musyrik “ . Tapi bukan gue namanya kalo gak kritis. Gue gak puas dengan jawaban yang hanya segitu aja, apalagi terkadang ramalan yang kita dengar suka bener bener terjadi. Dan kembali lagi gue gak puas kalo ada orang yang bertanya tapi kenapa bisa beneran terjadi dan jawabannya “ Cuma kebetulan “… it’s not the right answer I think…

Gue coba bertanya dengan ustadz pun jawabannya sama. Bahkan ustadz itu juga gak bisa memberi gue alasan yang masuk ke logika berdasar dalil dalil Al-Quran yang dia tau.

Gue gak maksa untuk langsung ketemu jawaban dari pertanyan yang gue mau tau. Kebiasaan gue, selalu meng” keep “ pertanyaan yang sulit dijawab dalam otak gue untuk dicari jawabannya dikemudian hari.

Hingga akhirnya, tanpa disengaja di waktu senggang, ketika gue baca baca buku penjelasan hadist sunnah bokap gue. Disitu ada keterangan bahwa sesungguhnya Allah itu memang menurunkan bakat atau kemampuan yang disebut sixth sense ke orang orang tertentu. Jadi orang orang yang memiliki bakat tersebut emang bisa menerawang suatu kejadian. Tapi muncul lagi satu pertanyaan. Semua rahasia dibumi ini kan Allah yang punya, yang tau apa yang akan terjadi kan hanya Allah. Kenapa orang orang itu bisa tau. Maksud Allah apa ?...
Bukankah Allah tak akan menciptakan sesuatu tanpa ada maksud. Akhirnya pertanyaan itu sedikit terjawab mengapa kok bisa beneran terjadi ke orang orang tertentu.

JAWABANNYA ADALAH…..

Gue ketemu intinya dari ucapan kakak gue yang emang suka baca juga. Secara dia mang pinter. Dia bilang Allah itu memang sengaja ngebuka sedikit semua rahasia yag ada dibumi ini ke semua mahluk, nah dari sedikit bocoran itulah yang berkembang dan sampai ke telinga orang orang yang memiliki sixth sense itu. Rahasia yang Allah buka itu gak bersifat detail. Siapa yang nyampein ke manusia ?. Penyambung lidahnya gak lain gak bukan adalah bangsa jin.

Secara logika, bisa kita liat dalam sebuah permainan sambung kata. Dalam sebuah grup terdiri dari 5-7 orang. 1 orang berperan sebagai pembawa berita. Orang ini lah yang akan menyampaikan berita yang benar ke orang yang pertama kali dalam grup yang berisi ke 5-7 orang tersebut. Lalu secara beruntun orang yang pertama akan meng”copy “ berita yang dia dengar tadi ke orang ke-2 dan seterusnya. Dalam proses penyampaian itu kerap kali terjadi kesalahan penyampaian. Yang bisa mengandung arti yang berbeda. Nah seperti itulah ramalan.

Kalo peramal peramal itu mendapat bisikan dari mahluk halus, nah mahluk halusnya ini urutan yang keberapa.Secara Iblin itu sendiri, anak buahnya 7000, dan tiap 7.000 itu akan punya nak kelipatan 7000 juga. Jadi bisa dianggap kalo setiap kelahiran satu anak manusia. Akan dikelilingi oleh 7000 syetan..

Kalo yang pertama bisa jadi bener, na kalo udah yang urutan keberapa, bisa jadi salah juga kan. Trus, tergantung juga dari daya tangkap si peramal. Peramal itu otaknya cerdas gak. Apa yang dia dengar bisa jadi salah dia tangkep. Ya namanya juga manusia..APa yang kita lihat belum tentu kan kejadian yg sebenernya.

Kalo dia cerdas bisa jadi apa yang dia tangkep dan denger jadi bener dalam penyampaiannya. Tapi kalo rada bolot ya bisa salah.

Misalnya ne, si joko bodo pernah ngeramal bahwa pesawat adam air, jatuh dirawa rawa. Gak lama dari itu ditemuin puing puing pesawat di daerah pinggiran laut. Berarti salah dong. Gak juga, gini kalo kita amati tempat ditemuin itu, situasi yang ada memang mirip dengan rawa- rawa, dipinggiran trus ada pohon pohon bakau. Karena “mungkin” yang ki joko liat ada air dan pohon. Gak mungkin dia akan bilang di laut. Karena di laut gak ada pohon kan. Air semua. Jadi bisa dibilang bener dong. Na buat kita yang nanya jawaban dari peramal itu bukan harga mati. Kita harus pecahin lagi pake logika kita. Kalo dibilang misalnya ada diutara ya utaranya itu diliat dari sudut mana ?... hehehe,,,Kalao ada diatas meja, tanya lagi, meja apa ?..gitu aja kan.

Dari situ akhirnya jawaban mengapa gak boleh percaya ramalan bisa gue dapet. Karena berdasar analisa gila tadi dan juga kita cape harus mikir lagi. Dan Allah menciptakan sixth sense itu dengan maksud sebagai ujian untuk yang memiliki bakat, apakah kelebihan itu bisa digunakan sebagai hal yang bermanfaat dan juga sebagai ujian buat kita, akan ketaqwaan kita terhadap Allah. SWT, apakah dengan hasil ramalan yang kita dapat bisa menjadikan kita lupa ma Allah dan bergantung ma peramal itu Atau lebih bisa bersyukur. Makanya dilarang karena ditakutkan kalo kita percaya yg ada jadi bukan percaya ma Allah tapi kekuatan yg lain. Sedangkan kekuatan terbesar itu hanya ada di Allah.

Kalo gue mang suka sih beberapa kali datang ke peramal. Pertama di pameran orang aneh, dia baca garis tangan gue. Tapi yang ada malah gue berdua temen gue yang ngegila bareng tukang ramal itu.Tukang ramalnya kita comblangin ma janda..hahaha,
sampe sampe ditinggal pulang ma rombongan. Pernah juga datang ke peramal nanya gue berjodoh gak ma orang yang dah buat gue patah hati. Dari hasil ramalan itu sih, baru ketauan benernya sekarang. Karena kata dia gue harus nyatain perasaan gue ke dia. Tapi yang benernya adalah harus nya gue harus sedikit maksa dia. Dan itu yang gak bisa gue lakuin. Walau emang bener kurang gue disitu. Tapi tetep aja ramalan orang itu gak gue percaya. Aneh ah liat orang orang itu.

Jadi buat kamu kamu semua yang suka ramalan, jangan percaya ya ma ramalan yang ada, pecahin dengan logika lagi Okok..