Selasa, 18 November 2008

PERFECT


Manusia…mahluk paling sempurna yang ciptakan Tuhan di muka bumi ini. Tapi mengapa banyak orang bilang bahwa setiap manusia tidak ada yang sempurna. Apakah mereka meragukan apa yang Tuhan ciptakan. Entahlah…tergantung dari tiap individunya, dan seberapa besar keyakinan mereka terhadap Tuhan.

Lalu mengapa mereka bisa bilang bahwa tidak ada yg sempurna di dunia ini. Menurutku jawabannya simple. Keterbatasan kita sebagai manusia untuk membuktikan kekuasan Tuhan. Karena semakin kita mencari jawaban akan keesaan Tuhan, maka hati makin menjadi bimbang. Tapi kita diberi hati untuk merasakan, dan juga akal untuk berfikir.

Semua yang diciptakan Tuhan didunia ini sudah pas ukuran dan bentuknya. Tidak ada yang kurang, yang membuat terasa kurang itu justru dari kita manusianya. Karena nafsu, dan setan yang mengoda, tapi jangan salahkan setan, itu memang sudah tugasnya.


Lalu bagaimana kah kita harus bersikap dengan perbedaan perbedaan yang Tuhan ciptakan di setiap mahluknya ?. Kita hanya harus menerima semua yang ada didunia ini tanpa syarat. Karena sesungguhnya apa yang kita fikirkan tentang ketidak sempurnaan seeorang dihadapan kita merupakan kesempurnaan dimata Tuhan, Tuhan pasti punya maksud dengan menciptakan perbedaan itu, Tuhan pasti memiliki tujuan mengapa seseorang itu memiliki sikap yang membuat kita mungkin tidak merasa nyaman. Tapi yang jelas menurutku dengan setiap perbedaan itu, dengan berbagai sifat dan sikap yang beraneka ragam semua dihadirkan untuk menjalani kehidupan yang sudah ditakdirkan untuk kita.

Tapi…kita manusia, hidup berkelompok. Bagaimana dengan perbedaan yang dimiliki dapat hidup dengan tentram dan damai, tanpa ada perpecahan. Menurutku jawabnya adalah bagaimana masing masing manusia itu me manage hati mereka untuk tidak tergoda. Setan selalu memakai perasaan yang dimiliki manusia untuk membuat manusia tergoda dan berbuat salah. Dalam ilmu hubungan antar manusia itulah yang disebut EGO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar